Keurani Gampong

Apa saja Tupoksi Sekretaris Desa (Keurani Gampong) sesuai UU, PP maupun Permendagri tersebut?

Keurani Gampong adalah Perangkat Gampong yang berkedudukan sebagai unsur pimpinan Sekretariat Gampong yang dibantu oleh unsur staf sekretariat gampong. Kedudukan Keurani Gampong dalam pengelolaan keuangan gampong adalah sebagai Koordinator PPKD (Pelaksana Pengelolaan Keuangan Desa).

Secara Umum Staf Sekretariat Gampong terdiri atas :

  • Kaur Keuangan Gampong
  • Kaur Tata Usaha dan Umum
  • Kaur Perencanaan

Tugas Keurani Gampong

Keurani Gampong bertugas membantu Keuchik dalam bidang administrasi pemerintahan gampong. Selain tugas tersebut, Keurani Gampong juga bertugas :

  1. Mengkoordinasikan penyusunan dan pelaksanaan kebijakan APBG,
  2. Mengkoordinasikan penyusunan rancangan APBG dan rancangan Perubahan APBG,
  3. Mengkoordinasikan penyusunan rancangan Peraturan Gampong tentang APBG, Perubahan APBG, dan pertanggungjawaban pelaksanaan APBG,
  4. Mengkoordinasikan penyusunan rancangan Peraturan Keuchik tentang penjabaran APBG dan perubahan penjabaran APBG,
  5. Mengoordinasikan tugas perangkat Gampong lain yang menjalankan tugas PPKD Desa,
  6. Mengkoordinasikan penyusunan laporan keuangan gampong dalam rangka pertanggungjawaban pelaksanaan APBG,
  7. Melakukan verifikasi terhadap Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA), Dokumen Perubahan Pelaksanaan Anggaran (DPPA), dan Dokumen Pelaksanaan Anggaran Lanjutan (DPAL),
  8. Melakukan verifikasi terhadap Rencana Anggaran Kas Gampong (RAK Gampong),
  9. Melakukan verifikasi terhadap bukti penerimaan dan pengeluaran APBG.

Fungsi

Untuk melaksanakan tugasnya, Keurani Gampong mempunyai fungsi :

  1. Melaksanakan urusan ketatausahaan seperti tata naskah, administrasi surat menyurat, arsip, dan ekspedisi.
  2. Melaksanakan urusan umum seperti penataan administrasi perangkat gampong, penyediaan prasarana perangkat gampong dan kantor, penyiapan rapat, pengadministrasian aset, inventarisasi, perjalanan dinas, dan pelayanan umum.
  3. Melaksanakan urusan keuangan seperti pengurusan administrasi keuangan, administrasi sumber-sumber pendapatan dan pengeluaran, verifikasi administrasi keuangan dan administrasi penghasilan Keuchik, Perangkat Gampong, Tuha Peut, dan lembaga pemerintahan gampong lainnya.
  4. Melaksanakan urusan perencanaan seperti menyusun rencana anggaran pendapatan dan belanja gampong, menginventarisir data-data dalam rangka pembangunan, melakukan monitoring dan evaluasi program, serta penyusunan laporan.

Disamping tugas dan fungsi sebagaimana dijelaskan diatas. Keurani Gampong juga membantu Keuchik dalam melaksanakan wewenang-nya. Dan dalam melaksanakan tugas, Keurani Gampong juga berhak :

  1. Menerima penghasilan tetap (gaji) setiap bulan, tunjangan dan mendapat jaminan kesehatan, serta penerimaan lainnya yang sah dengan memperhatikan masa kerja dan jabatan perangkat Gampong,
  2. Menerima bimbingan dan pembinaan dalam rangka pelaksanaan tugasnya dan hak-hak lainnya sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

Dalam melaksanakan Tupoksinya, Keurani Gampong bertanggung jawab kepada Keuchik.

Tugas, fungsi, hak dan kewajiban, serta kewenangan tersebut dapat pula ditambahkan dengan mengacu pada Peraturan Daerah / Peraturan Bupati maupun Peraturan Gampong tentang Tugas dan Fungsi Perangkat Gampong.

Buku – Buku Administrasi

Buku administrasi yang perlu disiapkan oleh Keurani Gampong, diantaranya :

  1. Buku Peraturan di Gampong,
  2. Buku Keputusan Keuchik Gampong,
  3. Buku Lembaran Gampong dan Buku Berita Gampong,
  4. Buku Aparat Pemerintah Gampong,
  5. Buku Tanah Kas Gampong, dan
  6. Buku Tanah di Gampong

Kembali ke Tupoksi