Rapat Penyusunan Qanun Perubahan APBG TA. 2017

Blang Lancang 4/12/2017 – Aparatur gampong blang lancang bersama masyarakat melaksanakan rapat di meunasah gampong blang lancang setelah shalat ‘isya untuk membahas tentang dana yang sudah terpakai dan yang belum terpakai dalam APBG (anggaran pendapatan dan belanja gampong) murni tahun anggaran 2017 serta merencanakan program apa saja yang diajukan dalam membuat APBG Perubahan.

Ada beberapa unsur yang terlibat dalam rapat tersebut diantaranya keuchik (kepala desa), keurani gampong (sekdes), unsur tuha peut, bendahara gampong, tim pelaksana kegiatan (tpk), teungku imum gampong, tuha lapan, perwakilan pemuda dan tokoh masyarakat gampong blang lancang.

Sebelum acara dilanjutkan kepada pokok pembahasan rapat tentang perencanaan APBG Perubahan, terlebih dahulu bapak keuchik gampong blang lancang membuka rapat tentang masalah pelaksanaan kegiatan peringati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW yang akan dilaksanakan dalam beberapa hari ini serta persiapan – persiapan yang harus dilaksanakan.

Dalam pelaksanaan rapat tentang perubahan APBG tahun 2017 ini, beberapa peserta rapat sempat terlibat perdebatan yang alot dan perdebatan tersebut masih dalam koridor kebersamaan membangun gampong dan dapat di manage oleh keuchik dan sekdes dan teungku imum meunasah, mereka saling mengajukan program – program apa saja yang harus dimasukkan kedalam APBG Perubahan, dan semua masukan – masukan program yang dimasukkan oleh masyarakat semuanya dicatat dan dilemparkan kembali kepada masyarakat, diantara kegiatan program yang diajukan tersebut yang mana yang disetujui oleh masyarakat (peserta rapat yang hadir) maka program tersebutlah yang akan dimasukkan kedalam APBG Perubahan tahun ini, sedangkan masukan yang lain akan dianggarkan pada APBG tahun selanjutnya.

Setelah sesi rapat berakhir, maka peserta rapat yang hadir disuguhi dengan nonton bareng filem dokumenter pelaksanaan kegiatan selama berjalannya program dana desa di gampong blang lancang. Film dokumenter tersebut di edit dan menjadi film dokumen serta disuguhi rekaman – rekaman selama bekerja membangun jalan gampong dan lain sebagainya dan disuguhi juga rekaman – rekaman lucu masyarakat yang tidak sadar kalau mereka itu sedang di rekam dalam video tersebut. Dengan itu mereka melihat tingkah lucu diri mereka sendiri dalam filem dokumenter tersebut dan mengundang galak tawa secara bersama – sama.

Rapat pun ditutup dengan do’a dan shalawat atas junjungan Nabi Muhammad SAW. diharapkan semoga selalu membawa berkah dan kemajuan kepada gampong blang lancang kecamatan jeunieb dan dijauhkan dari mara bahaya di dunia dan akhirat. Amin

Facebook Comments
KIG Blang Lancang