Prospek Petambak Garam Blang Lancang

Gampong Blang Lancang merupakan sebuah gampong yang berada dipesisir pantai dengan luas wilayah gampong sebesar 45 Ha, mata pencaharian masyarakatnya sebagian besar adalah sebagai pelaut (nelayan), petani tambak dan petambak garam. Dilihat dari letak geografis gampong blang lancang mempunyai ketinggian 11 m dpl sehingga sangat potensial untuk pengembangan usaha garam rakyat.

Seandainya saja garam tidak pernah ada maka hambar terasa hidup kita begitu kata pepatah mengatakan. Begitu juga dengan petambak garam gampong blang lancang, tanpa memproduksi garam maka kebutuhan ekonomi mereka akan hambar. Sebanyak 26 unit gubuk garam tradisional yang tersebar dalam gampong blang lancang merupakan salah satu prospek pengembangan ekonomi masyarakat petambak garam yang patut diperhatikan dan dikembangkan oleh pemerintah.

Beberapa permasalahan yang sering dihadapi oleh petambak garam di gampong blang lancang yaitu keterbatasan modal, harga garam yang kurang stabil, lemahnya sistem kelembagaan dan keorganisasian petambak garam, dan pola pikir mayoritas masyarakat yang masih banyak menggunakan sistem tradisional.

Solusi yang dapat ditawarkan kepada petambak garam terhadap permasalahan yang dihadapi diantaranya mengajukan kepada pemerintahan gampong tentang keterbatasan modal dan lemahnya sistem kelembagaan dan keorganisasian petambak garam yaitu dengan memasukkan mereka untuk bergabung kedalam unit – unit kerja Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) sehingga pengadministrasian usaha mereka akan lebih teratur sampai kepada proses pemasaran, untuk masalah keterbatasan modal akan dapat ditanggulangi dengan penganggaran dari dana APBG melalui BUMG dan juga dapat dilobby dari dana pihak lainnya seperti yang bersumber dari pemerintah kabupaten, provinsi dan APBN. Sedangkan permasalahan tentang masih menggunakan sistem tradisional, dapat ditanggulangi dengan mendatangkan pelatih dari luar daerah untuk memberikan tehnik – tehnik pengolahan garam dengan cara menerapkan tuf dan media isolator atau teknologi geomembran, sehingga diharapkan petambak garam di gampong blang lancang kedepan akan lebih maju dan kesejahteraan petambak garam akan meningkat.

Facebook Comments
KIG Blang Lancang