Berdasarkan observasi yang telah dilakukan, Gampong Blang Lancang memiliki kode pos 24263 dan merupakan salah satu gampong yang berada di Kemukiman Darussalam Kecamatan Jeunieb Kabupaten Bireuen Provinsi Aceh, yang terletak disebelah utara pusat kota kecamatan jeunieb dan merupakan wilayah pesisir laut. Pada Peta Satelit yang diambil titiknya di Meunasah Gampong Blang Lancang terletak pada Garis Lintang “5.194677”N dan Garis Bujur “96.496773”E (view: google maps, 2017). Adapun view dari Gampong Blang Lancang dapat di lihat dari tampilan yang telah dibuat oleh Sdr. Saifannur (operator gampong blang lancang) adalah sebagai berikut :

 

 

 

 

 

 

Gampong Blang Lancang terletak tidak jauh dengan pusat kota kecamatan jeunieb, hanya menempuh perjalanan sekitar 5 menit dengan menggunakan kendaraan pribadi, akses menuju gampong blang lancang juga sangat mudah dikarenakan jalan sudah dikategorikan bagus dan sudah teraspal dan hanya beberapa bagian aspalnya yang sudah rusak parah.

Sedangkan perkembangan pembangunan gampong blang lancang secara keseluruhan telah mengalami pengeseran kearah yang lebih baik ditandai dengan pasca bencana alam gempa bumi dan tsunami tahun 2004 serta perjanjian kesepakatan damai antara Pemerintah Republik Indonesia dan Kelompok Gerakan Aceh Mardeka menuju peningkatan yang signifikan, sudah mulai adanya bantuan dari pemerintah maupun swasta yang masuk ke gampong yang dapat dirasakan oleh semua lapisan masyarakat. Secara umum kondisi sumber daya manusia dan infrasuktur sudah mulai diperbaiki.

Semenjak disahkannya Undang – Undang Desa Nomor 6 Tahun 2014 lalu, gampong blang lancang menyambut baik undang – undang tersebut karena kedaulatan penuh ada di desa dan diharapkan dengan adanya undang – undang desa ini, desa akan dapat mengatur sendiri kebutuhan apa saja yang dibutuhkan oleh desa. Manfaat yang diterima sampai saat ini, gampong blang lancang telah lebih maju dari sebelumnya, dan pembangunan infrastruktur jalan telah diperbaiki demi kemudahan akses masyarakat untuk mendapatkan pendapatan ekonomi dan akses pelayanan kesehatan dengan mudah dan cepat.

Gampong Blang Lancang berdiri sejak masa penjajahan belanda, dalam masa berkembangnya pemerintahan gampong blang lancang sejak era pendudukan Hidia – Belanda hingga masa Pemerintahan Republik Indonesia saat ini. Gampong Blang Lancang telah mengalami periode kepemimpinan sebagai berikut :

No Tahun Aparatur Kondisi Pemerintahan Nara Sumber
1 2 3 4 5
1 1930-1935 Geuchiek Mantri Dolah Perintis Kemardekaan Jufri Is
1 1935-1951 Geuchiek M. Taeb Perintis Kemardekaan
2 1951-1970 Geuchiek M. Yakob Sesudah Kemardekaan RI
3 1970-1994 Geuchiek M. Yusuf Masa Pemberontakan DI / TII dan GPK
4 1994-2012 Geuchiek M. Isa Usman Masa Konflik RI – GAM, Gempa dan Tsunami
6 2012-2018 Keuchik Mahdi, S.Pd Berjalan Dengan Baik

Gampong Blang Lancang memiliki luas wilayah ± 45 Ha meliputi areal pemukiman penduduk, pertambakan, perkebunan dan sungai. Namun sebagian besar luas wilayah dipenuhi dengan areal pemukiman penduduk dan tambak. Gampong Blang Lancang dibagi menjadi 3 ( tiga ) Dusun, diantaranya :

  1. Dusun Teuku Umar,
  2. Dusun Cut Nyak Dhien, dan
  3. Dusun Panglima Polem.

Kondisi fisik dasar Gampong Blang Lancang dapat kita lihat dari segi pemanfaatan lahan sebagai berikut :

  1. Perumahan / Pemukiman        : 30  Ha
  2. Pertanian / Perkebunan           : 3,5 Ha
  3. Areal Tambak                         : 11  Ha
  4. Lahan Tidur                            : 0,5 Ha

Gampong Blang Lancang secara garis besar wilayahnya dipenuhi dengan areal pemukiman penduduk dan areal tambak. Pemberian nama Gampong Blang Lancang berdasarkan cerita para peutuha gampong dulu bahwa pada mulanya terdiri dari dua kata dari Bahasa Aceh yaitu “Blang” yang berati Sawah dan “Lancang” yang berarti Lantang, sesuai dengan karakter masyarakat di wilayah pesisir pantai (pinggir laut) dengan bahasa yang keras atau lantang yang disebabkan karena kondisi alam dan pengaruh ombak.

Menurut data dari climate-data, gampong blang lancang memiliki curah hujan yang signifikan dimana ketika musim kemarau tiba hujan masih dapat turun walaupun dalam intensitas yang kecil. Gampong Blang Lancang memiliki temperatur rata – rata 27.2 °C dengan rata – rata curah hujan yang turun sebesar 1659 mm.

Gampong Blang Lancang merupakan kawasan yang asri dan sejuk dimana angin laut dan gunung mendominasi udara sebagian besar pemukiman warga, dengan luas pemukiman yang tidak begitu besar, gampong blang lancang terjaga kebersihan lingkungannya. Pepohonan rindang terdapat di hampir setiap rumah warga sehingga perumahan warga tidak terlalu terkena sinar matahari langsung sehingga menciptakan hawa sejuk.

Jumlah keseluruhan penduduk gampong blang lancang terdata sebanyak 256 Kepala Keluarga (KK) dengan jumlah penduduk laki – laki sebanyak 498 jiwa dan perempuan sebanyak 462 jiwa. Seluruh masyarakat Gampong Blang Lancang mempunyai keyakinan dan kepercayaan kepada Agama Islam.

Dalam keseharian, masyarakat gampong blang lancang berbicara dengan menggunakan Bahasa Aceh dan jarang menggunakan Bahasa Indonesia. Hal ini dianggap sebagai hal yang baik karena dapat melestarikan penggunaan Bahasa Aceh, namun akan memiliki kendala dalam berbahasa Indonesia yang lancar dan benar ketika adanya pendatang dari luar daerah yang tidak dapat berbicara bahasa Aceh sehingga komunikasi tidak dapat berjalan dengan lancar.

Masyarakat gampong blang lancang memiliki mayoritas mata pencaharian utama sebagai petani tambak, petani garam yang mereka miliki, nelayan dan sebagai pegawai negeri sipil (PNS) ataupun tenaga honorer. Gampong Blang Lancang dalam hal produksi, hanya terdapat dalam sektor perikanan. Dalam hal ini, perikanan yang dimaksudkan disini yaitu produksi ikan teri kering dengan tempat jemuran digampong tetangga sebelah, petani garam, hasil tangkapan dilaut, peternak sapi dan kambing serta usaha furniture. Kawasan Gampong Blang Lancang termasuk kawasan dengan tingkat ekonomi kelas menengah ke bawah. Hal ini dapat dilihat dari mata pencaharian dan areal pemukiman penduduk yang sudah terbuat dari beton dengan khas rumah bantuan gempa dan tsunami dan dengan areal perkarangan yang lumayan luas.

Gampong Blang Lancang memiliki berbagai fasilitas dalam bidang keagamaan dan pendidikan anak usia dini. Hal ini ditunjukkan dengan adanya Meuasah, Balai Pengajian, Sekolah Taman Kanak – Kanak (TK) yang berada didaerah gampong tersebut. Hampir setiap hari ada kegiatan di Meunasah Gampong, namun di gampong belum adanya fasilitas kesehatan seperti poskesdes sehingga bila ada warga yang sakit atau hendak berobat mereka dibawa ke Puskesmas atau Rumah Sakit terdekat.

Dalam aspek pendidikan, Gampong Blang Lancang merupakan salah satu gampong yang dapat dikatakan tidak adanya fasilitas penunjang pendidikan untuk jenjang SD, SMP, dan SMA, namun masyarakatnya sangat peduli akan pendidikan untuk anak – anak mereka. Dikatakan peduli dalam bidang pendidikan dalam artian, di daerah ini tingginya partisipasi dan semangat masyarakat dalam menyekolahkan anak ke sekolah atau ke dayah – dayah atau pesantren – pesantren terpadu yang ada di kemukiman setempat atau keluar daerah. Gampong Blang Lancang juga memiliki Taman Kanak – Kanak (TK) untuk mendidik anak – anak usia dini.

Masyarakat Blang Lancang dapat dikatakan mempunyai jiwa sosial yang tinggi, hal ini terlihat dari keseharian masyarakat yang saling bantu membantu antar sesama, selain itu dalam hal mengikuti kegiatan yang ada, masyarakat di gampong ini memiliki jiwa partisipasi yang tinggi dalam membantu sesama seperti Gotong Royong, Maulid Nabi, Upacara Adat Pernikahan dan lain sebagainya.

Kata Pak Keuchik Gampong Blang Lancang, Meunasah gampong yang telah dibangun tersebut sangatlah aktif dimalam hari. Sedangkan di siang hari, meunasah tidak terlalu aktif kecuali ada acara – acara pengajian ibu – ibu pada setiap hari minggu pagi, pertemuan ibu – ibu PKK, dan gotong royong. Pada saat siang hari semua penduduk pergi bekerja untuk mencari nafkah untuk keluarga mereka, sebahagian dari mereka pergi ke kantor, ke tambak, ke laut, ke ladang garam, ke pasar untuk jualan dan lain – lain. Sedangkan disaat malam hari, mayoritas masyarakat tinggal digampong dan dekat dengan meunasah, masyarakat pun sangat rutin melaksanakan shalat secara berjamaah, banyak kegiatan yang dilaksanakan pada malam hari seperti rapat – rapat gampong, pengajian rutin setiap malam jum’at bagi jamaah laki – laki, dan lain sebagainya.

Demikian Profil singkat Gampong Blang Lancang Kemukiman Darussalam Kecamatan Jeunieb Kabupaten Bireuen Provinsi Aceh – Indonesia, semoga dengan adanya profil singkat ini anda dapat mengenal lebih dekat gampong kami. terima kasih