Pesta Demokrasi Pemilihan Keuchik Gampong Blang Lancang Terlaksana Sukses

Kabar Desa Pemerintahan

Pemilihan Keuchik (Kepala Desa) Gampong Blang Lancang Kemukiman Darussalam Kecamatan Jeunieb Kabupaten Bireuen Provinsi Aceh yang dilaksanakan pada hari Senin tanggal 02 Desember 2019 bertempat dihalaman Meunasah Gampong Blang Lancang terlaksana sukses.

Calon keuchik yang terpilih sebanyak 2 (dua) orang tokoh yang dipercayakan oleh masyarakat gampong, mereka terpilih berdasarkan hasil kelengkapan administrasi yang diajukan bakal calon kepada P2K (Panitia Pemilihan Keuchik) beberapa bulan sebelum pemilihan berlangsung.

Kandidat calon yang berkompetensi dalam pemilihan keuchik setelah ditetapkan sebagai calon diantaranya sdr. SAYUTI (Tokoh) dengan nomor urut 01 dan sdr. MAHDI (Petahana) dengan nomor urut 02.

Ketua P2K Gampong Blang Lancang “T. Asri bin T. Sofyan” mengungkapkan bahwa “Proses pesta demokrasi yang berlangsung selama ini di gampong blang lancang berlangsung aman, damai, sejuk, saling menghargai, saling merangkul, hidup rukun dalam perbedaan pilihan, tidak ada cekcok baik mulut maupun fisik. Dapat dikatakan inilah contoh pemilihan yang sangat berbeda dengan pemilu-pemilu sebelumnya (seperti pemilu legislatif dan eksekutif)”. Semua calon dapat menahan diri, dan juga antusiasme masyarakat untuk ikut menyukseskan pemilihan keuchik ini sangat tinggi.

Bertepatan dengan hari pencoblosan, senin, 02 Desember 2019 masyarakat berduyun – duyun mendatangi tempat pemungutan suara (tps) yang sudah dipersiapkan dihalaman meunasah gampong. Setelah dibuka oleh Pak Camat Jeunieb ( M. Yusuf, S.Sos ) Proses pemungutan suara dilanjutkan sampai pukul 13.50 wib, pukul 14.00 wib dilanjutkan dengan pembukaan tong dan penghitungan suara. Dalam penghitungan suara disaksikan oleh masyarakat umum dan dihadiri juga oleh muspika plus kecamatan seperti Camat Jeunieb, Kapolsek Jeunieb dan Koramil Jeunieb.

Hasil yang diperoleh dari hasil perhitungan suara berikut ini :

Jumlah suara yang diperoleh oleh sdr. SAYUTI calon keuchik dengan nomor urut 01 sebanyak 55 suara, jumlah suara yang diperoleh oleh sdr. MAHDI calon keuchik dengan nomor urut 02 sebanyak 379 suara, sedangkan jumlah suara tidak sah atau rusak sebanyak 31 suara.

Dilihat dari antusias masyarakat yang ikut serta menyukseskan pemilihan keuchik, masyarakat yang datang menggunakan hak pilihnya sebanyak 465 jiwa dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang ditetapkan sebanyak 597 jiwa. Sedangkan pemilih yang tidak hadir karena sakit, masih diluar daerah, diperantauan, ditempat kerja, sedang dalam pendidikan, orang lanjut usia dan lainnya. Mereka yang tidak hadir sudah ditetapkan oleh P2K untuk tidak boleh diwakilkan suaranya kepada orang lain.

Setelah proses pemilihan selesai, Bapak Suharto “Kapolsek Jeunieb” mengucapkan terima kasih yang tak terhingga karena proses demokrasi pada pemilihan keuchik gampong blang lancang terlaksana sukses, harapannya kepada yang menang harus menerima aspirasi yang disampaikan oleh yang kalah, yang kalah jangan berkecil hati, karena masih banyak yang diperlukan pikirannya demi kemajuan gampong tercinta ini.

Facebook Comments