Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW, Blang Lancang Santuni Anak Yatim & Piatu

Peringati Hari Besar Islam (PHBI) tahun ini, masyarakat Gampong Blang Lancang Kecamatan Jeunieb dilaksanakan pada hari Minggu Tanggal 2 Desember 2018 yang bertempat di Meunasah Gampong Blang Lancang dengan acara yang dirancang sedemikian rupa dan semeriah mungkin. Aparatur pemerintahan dan pemuda bekerjasama untuk menyukseskan kegiatan peringati hari kelahiran Rasulullah SAW. Bekerja bersama – sama membersihkan halaman meunasah dengan bergotong royong dan memasang perlengkapan tenda di halaman meunasah seandainya nanti para tamu undangan yang hadir tidak muat didalam meunasah.

Kemeriahan sudah mulai nampak sejak malam harinya, setelah shalat Maghrib secara jamaah di meunasah dan dilanjutkan dengan ceramah singkat yang disampaikan oleh Abiya Rauhul Mudi Al Aziziyah “Tgk. Muhammad Yusuf” dan setelah shalat Isya secara jamaah dilaksanakan Acara Zikir dan Shalawat bersama Tgk. Khalili Jeunieb dan dilanjutkan dengan acara Menyantuni Anak Yatim dan Piatu yang diiringi dengan menjabat tangan anak yatim dan piatu oleh seluruh jamaah yang hadir malam itu. Suasana haru pun nampak dan jamaah terhanyut dalam suasana tersebut, bahkan ada sebahagian dari jamaah mulai meneteskan air mata mengingat akan nasib mereka.

Setelah acara santuni anak yatim dan piatu, semua jamaah dihidangkan makanan nasi dan kari kambing yang telah dipersiapkan sebelumnya, semua jamaah malam itupun makan bersama anak yatim dan piatu di meunasah beserta seluruh aparatur pemerintahan gampong dan pemuda.

Di pagi harinya pun nampak sangat meriah dengan menghadirkan anak yatim dan piatu beserta seluruh anak – anak yang masih kecil untuk dibagikan paket makanan yang telah dipersiapkan, pagi itu serasa shalawat atas baginda Rasulullah SAW menggema didalam meunasah. Setelah pembagian paket kepada anak – anak yang hadir dari dalam gampong dan beberapa gampong tetangga, acara pun tetap berlanjut sampai siang harinya dengan menunggu tamu undangan dari gampong – gampong tetangga.

Acara peringati Maulid Rasulullah SAW tersebut diharinya diisi oleh Group Pemuda Dalail Khairat Gampong Blang Lancang yang membawakan lantunan shalawat dan dalail khairat, sehingga acara hari itu sangat meriah.


KIG Blang Lancang