Penyembelihan Hewan Qurban di Hari Raya Idul Adha

Serangkaian Kegiatan pelaksanaan Ibadah Qurban telah dilaksanakan di Gampong Blang Lancang Kecamatan Jeunieb bersama Masyarakat Gampong dihalaman meunasah.

Sebagaimana yang kita ketahui momen Idul Adha ini merupakan kesempatan besar untuk menyebarkan kebaikan dan manfaat pada orang lain, daging – daging yang disebarkan tentu akan bernilai kebaikan dan manfaat pada orang lain yang membutuhkan. Sehingga ibadah ini memiliki nilai sosial, bukan hanya untuk individu semata.

Dari Aisyah radhiyallahu anha, sesungguhnya Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: “Tidaklah seorang ibnu Adam melakukan amalan pada hari Nahar yang paling dicintai Allah ta’ala dari pada menumpahkan darah (hewan kurban). Sungguh hewan qurban itu akan datang pada hari Kiamat dengan tanduk, bulu dan kukunya. Dan sesungguhnya darah itu sudah tertulis di sisi Allah pada suatu tempat sebelum terjatuh di muka bumi. Karena itu ikhlaskanlah ketika kalian berqurban.”

Keuchik Gampong yang dimintai tanggapan mengatakan pada lebaran idul adha tahun ini kita telah dapat melakukan penyembelihan hewan qurban sebanyak 3 ekor sapi, dua ekor sapi hasil dari arisan warga dan seekor lagi dari satu keluarga masyarakat gampong blang lancang.

Daging – daging hewan qurban tersebut dibagikan kepada warga kurang mampu, anak yatim / piatu, fakir dan miskin yang ada di gampong blang lancang. Proses penyembelihan dan pembagian hewan qurban tersebut dikerjakan oleh panitia qurban yang telah dibentuk jauh hari.

Pada kesempatan tersebut, Keuchik beserta perangkat pemerintahan Gampong Blang Lancang, mengucapkan :

SELAMAT HARI RAYA IDUL ADHA (HARI RAYA QURBAN)

1440 H / 2019 M,

MINAL AIDIL WAL FAIDHIN

MOHON MAAF LAHIR & BATIN


KIG Blang Lancang