Operator Desa se Kecamatan Jeunieb Mengikuti Pelatihan Siskeudes

Pelatihan pengelolaan dana desa dengan menggunakan Aplikasi Siskeudes (sistem keuangan desa) yang dikeluarkan oleh BPKP dan Kementerian Keuangan merupakan salah satu kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap desa dalam menatausahakan pelaporan keuangan desa. Selain kewajiban, penggunaan aplikasi siskeudes ini sangat membantu serta memudahkan aparatur pemerintahan desa dalam mengatur pengelolaan keuangan desa mereka, item – item pelaporan didalamnya sudah sangat komplit, mulai dari perencanaan, penganggaran, penatausahaan (termasuk sudah ada penerimaan desa, SPP, SPJ, penyetoran pajak, mutasi kas), pembukuan dan mencetak laporan pertanggungjawaban.

Pelatihan Siskeudes yang dilaksanakan oleh Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Kecamatan Jeunieb ini diikuti oleh beberapa desa dalam kecamatan jeunieb untuk Gelombang Pertama dimulai sejak hari jum’at – sabtu tanggal 26-27 Oktober 2018, sedangkan untuk Gelombang Kedua akan dilaksanakan pada hari senin – selasa tanggal 29-30 Oktober 2018 ditempat yang sama yaitu Ruang Komputer Sekolah MTsN Jeunieb.

Peserta pelatihan penggunaan aplikasi siskeudes kali ini diikuti oleh operator gampong se kecamatan jeunieb, mereka sangat antusias mengikuti setiap tahapan yang diajarkan oleh pemateri (staf DPM Bireuen diantaranya Pak Fauzi, Ibu Dian, dkk). Sedangkan pada pembukaan, langsung dihadiri oleh Pak Bob Miswar (selaku Kepala DPM Bireuen) dan dilanjutkan oleh Bapak Camat Jeunieb dan Ketua BKAD Kecamatan Jeunieb.

Peserta pelatihan yang merupakan operator gampong diakhir sesi pelatihan menyepakati membuat sebuah Group Whatsapp untuk dapat selalu berkoordinasi dan berbagi informasi tentang desa, dengan harapan setelah pelatihan tersebut semua operator desa dapat belajar bersama kembali dan mewujudkan desa yang mandiri.


Berikut beberapa klip video tentang suasana acara pelatihan siskeudes gelombang pertama :


Klip Pertama :



Klip Kedua :


Facebook Comments
KIG Blang Lancang