Kue Halwa Oen Geurusong Kuliner Gampong Blang Lancang

Kue Halwa merupakan kue tradisional Aceh yang paling diminati masyarakat Aceh dan pendatang dari luar daerah karena rasanya manis dan legit, kue halwa ini hampir menyerupai dodol, baik dari segi rasa maupun warnanya, namun memiliki tekstur yang kasar karena terbuat dari beras ketan yang ditumbuk kasar. Sensasi nikmat dari kuliner yang satu ini justru didapat dari butiran – butiran kasar beras ketan dan butiran kelapa parutnya.

Yang menjadikan kuliner kue halwa gampong blang lancang ini karena keunikannya, dimana kue halwa yang diproduksi oleh ibu – ibu di gampong blang lancang ini dibalut dengan oen geurusong (daun pisang kering/keresek) sehingga menjaga aroma kue halwanya dan dipadu dengan aroma daun keresek yang menggugah selera bagi penikmat kue halwa, serta terjaga kualitas kue halwanya dan tahan lama.

Prospek pemasarannya pun sangat menggiurkan, kue halwa oen geurusong ini diproduksi setiap hari oleh ibu – ibu di gampong blang lancang untuk dikirimkan ke kedai – kedai, kios – kios dan gerai – gerai makanan tradisional baik dalam kabupaten maupun sampai keluar kabupaten/kota.

Facebook Comments
KIG Blang Lancang