Blang Lancang Menyelenggarakan Acara Musrenbangdes TA 2018

Blang Lancang – Perencanaan Gampong Blang Lancang (Musrenbangdes) telah berhasil dilaksanakan oleh pemerintah gampong bekerja sama dengan warga dan para pemangku kepentingan di gampong, musrenbangdes ini dilaksanakan pada malam kamis tanggal 24 Januari 2018 pukul 21.00 wib yang bertempat di Meunasah Gampong Blang Lancang untuk menyepakati Rencana Kerja Pembangunan Gampong (RKPG).

Acara musrenbangdes yang dilaksanakan setiap bulan januari tersebut dilakukan dengan cara memotret potensi dan sumber – sumber pembangunan yang tidak tersedia baik dari dalam maupun dari luar gampong. Musrenbangdes Blang Lancang tahun ini sudah mencoba menggunakan tekhnologi yang ada untuk memotret potensi dengan memanfaatkan aplikasi google earth dan menampilkannya dilayar monitor, sehingga forum musyawarah dapat melihat dengan jelas potensi yang dapat dikembangkan.

Forum musrenbangdes blang lancang juga mengkaji ulang dokumen RPJMG, RKPG tahun sebelumnya, melakukan analisa data kerawanan desa termasuk keadaan darurat desa yang meliputi data KK miskin, pengangguran, jumlah anak putus sekolah, tingkat kematian ibu, bayi dan balita dan sebagainya, serta memverifikasi data dilapangan. Data analisa itu dilakukan sebagai bahan pertimbangan penyusunan draft rancangan awal RKPG dan perhitungan anggaran tahun 2018 ini.

Dalam musrenbangdes malam itu, ada beberapa program yang telah dikumpulkan dari forum diantaranya pembentukan dan pengembangan badan usaha milik gampong (BUMG), beberapa program pembangunan fisik yang diusulkan dari dana desa beserta program dari sumber dana lain selain dana desa, dan program – program lainnya untuk pembinaan dan pemberdayaan masyarakat gampong blang lancang.

Facebook Comments
KIG Blang Lancang